Optimasi SEO On Page Pada Blogspot dan Wordpress

7 Cara Optimasi Seo On Page Untuk Blog dan Website

Optimasi SEO On Page Pada Blogspot dan Wordpress - Agar website/blog yang bisa berada pada halaman satu dihasil pencarian mesin pencari (SERP). Saya rasa semua pakar seo tentu akan sepakat bahwa optimasi seo sangat berpengaruh terhadap rangking sebuah website/blog dimata mesin pencari seperti google, bing, yahoo, baidu, yandex, dan lain sebagainya.
Optimasi SEO On Page Pada Blogspot dan Wordpress
Dalam mengembangkan sebuah website/blog akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berada pada halaman satu mesin pencari. Apalagi jika website/blog memiliki sebuah produk atau jasa yang ingin diperkenalkan pada pengunjung (konsumen). Salah satu cara untuk mengoptimalkan promosi tersebut bisa ditempuh dengan belajar seo.

Menurut admin Kata Kunci, berada pada halaman satu mesin pencari tidaklah cukup untuk dikatakan telah melakukan optimasi seo pada blog mereka. Namun, optimasi seo dikatakan berhasil bila hasil pencarian konten website/blog hanya mengalami sedikit pergeseran posisi di SERP atau bahkan tetap kokoh pada halaman satu ketika posisinya diterpa oleh kompetitor lainnya.

Teknik Optimasi SEO On Page Pada BlogSpot

Teknik optimasi SEO pada blogspot sendiri terbagi atas dua, yakni optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Khusus pada pembahasan kali ini, admin hanya akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai cara optimasi seo on page pada blogspot dan wordpress.

Apa Itu optimasi SEO On-Page?


Seo On Page adalah pengoptimalan pada website/blog baik platform blogspot atau wordpress yang dilakukan dalam halaman website/blog Anda. Optimasi seo on page 
pada blogspot dan wordpress ini beragam agar bernilai bagus di mesin pencari dan bermanfaat buat pengunjung. Bernilai bagus di mesin pencari belum tentu bernilai baik untuk pengunjung. 
Optimasi SEO On Page Blogspot

Maka dari itu Google sangat memperhatikan kelayakan sebuah situs untuk berada pada Search Engine Page Result (SERP) mengumpulkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah asas manfaat bagi para pembaca situs tersebut.


Salah satu optimasi seo on page sederhana yang banyak diterapkan oleh parah mastah blogger seperti penggunaan kata kunci SERPs pada konten yang dibuatnya agar mudah dikenali oleh mesin pencari. Apa itu kata kunci?


Bagaimana Cara Optimasi SEO On Page Blogspot dan Wordpress?


Berdasarkan sudut pandang SEO MOZ, menilai bahwa sebuah konten website/blog yang berkualitas akan memiliki dua faktor penting yakni jumlah permintaan pembaca yang dipenuhi dan tautan (Internal Link dan Eksternal Link Berupa Anchor Text). 

Cara Optimasi Seo Pada Blogspot
Cara Optimasi Seo Pada Blogspot

Bagaimana cara optimasi SEO on page pada blogspot dan wordpress? Berikut langkah yang harus Anda dilakukan:

#1 SEO Title Tag (Tag Judul)

Menggunakan optimasi judul (title tag) pada blogspot dan wordpress sangat bermanfaat buat konten yang kita miliki. Selain menyisipkan keyword pada judul artikel, Anda juga harus meletakkan kata kunci (keyword) pada awal paragraf, tengah dan akhir tulisan.

Walaupun sebagian besar pakar seo menganjurkan meletakkan kata kunci pada seratus kata pertama di dalam konten agar lebih cepat dikenali oleh mesin pencari. Agar artikel pada blogspot dan wordpress lebih SEO, letakkan setiap kata kunci pada awal judul dan gunakan maksimal 5 kali menggunakan kata kunci turunan yang beragam. Tujuannya agar tidak dianggap spam ataupun keyword stuffing oleh mesin pencari.

#2 SEO Meta Description

Menggunakan meta description (meta deskripsi) pada setiap postingan akan membantu mesin pencari dan pengunjung mengenali target yang Anda inginkan. Cara menggunakan meta deskripsi pada blog ini bisa dengan cara memasukkan kata kunci tertarget pada deskripsi konten. Untuk penulisan meta deskripsi ini dianjurkan penggunaannya maksimal 150 karakter.

#3 SEO Permalink (URL Blog)

Permalink (permanent link) merupakan alamat URL blog Anda yang permanen. Rekomendasi permalink sendiri menurut pakar seo, sebaiknya maksimal menggunakan 4 - 5 kata. Alamat URL yang terlalu panjang bisa mengurangi kualitas SEO pada blogspot dan wordpress. Maka gunakan permalink yang singkat jelas dan terisi kata kunci tertarget di dalamnya. 

Tujuan memperpendek URL adalah untuk mempercepat proses perayapan mesin pencari terhadap artikel Anda.

Khusus untuk ini platform wordpress lebih seo ketimbang blogspot karena bisa lebih memperpendek alamat URL blog dengan menghilangkan tahun dan bulan pada permalink. Sedangkan pada blogspot tetap akan tertera tahun dan bulan terbitnya artikel disusul permalink judul artikel.

#4 Optimasi Gambar

Selain beberapa hal yang telah dijelaskan di atas, optimasi SEO gambar juga berpengaruh terhadap SERP. Oleh karena itu, gunakan gambar yang terkait dengan mengisi title text dan alt text pada image properties.
title text dan alt text pada image properties

cara optimasi gambar
 
pada blogspot dan wordpress ini akan membantu artikel anda terindeks mesin pencari lebih cepat, namun jangan lupa untuk mengisinya dengan keyword tertarget. Hal ini dimaksudkan untuk membuat pengunjung bisa betah membaca artikel Anda. Karena jika pengunjung cepat meninggalkan halaman (Bouncing out rate) artikel akan dinilai tidak berkualitas oleh mesin pencari.

Untuk jumlah gambar dan ukuran belum ada ketentuan khusus, namun admin sarankan setidaknya ada minimal 2 gambar dalam tiap artikel agar lebih unik dan bervariasi. Kapasitas gambar juga sebaiknya tidak melebihi 1 Mega Byte (Mb) agar kecepatan loading 
pada blogspot dan wordpress atau konten tetap cepat.

Jika ingin mengkompres gambar agar lebih ringan saat di upload pada blogspot dan wordpress, silahkan kunjungi situs kompres gambar seperti TinyPNG dan sebagainya. Akan lebih baik lagi bila Anda menerapkan optimasi pada gambar original atau desain sendiri

#5 Heading Tag (H1)

Agar judul pada blogspot dan wordpress lebih SEO on-page, sebaiknya gunakan keyword pada tiap judul artikel. Pada halaman utama website/blog Tag H1 adalah nama blog Anda, namun ketika dalam artikel judul berfungsi sebagai Tag H1. Jumlah Tag H1 pada artikel hanya diperbolehkan satu saja yakni judul artikel, selanjutnya tag H2, H3, dan seterusnya. 

Memilih Template blogger Responsive dan SEO Friendly serta platform blog yang tepat bisa mengatasi untuk masalah ini.

#6 Konten Blog Berkualitas

Mulailah membuat konten blog yang berkualitas pada blogspot dan wordpress sangat disarankan agar cepat terindeks mesin pencari. Membuat sebuah konten blog berkualiatas tidak begitu sulit dan tidak mudah.

Konten berkualitas menurut admin, cukup menulis dengan kreasi tulisan tangan sendiri tanpa melakukan tindak copy paste. Hal tersebut selain merugikan bagi pemilik konten asli, juga merugikan buat blog Anda. Jika berminat, silahkan baca Cara membuat judul artikel yang baik dan menarik di blogger

Memang betul bahwa artikel yang panjang itu bagus, namun belum tentu berkualitas. Artikel yang mernarik dan berkualitas bisa didapatkan dengan cukup dengan membuat kerangka judul, kemudian mencari referensi buat bacaan dan tulis berdasarkan pemahaman menggunakan bahasa sendiri.

Artikel yang menarik dan berkualitas tidak perlu ditulis panjang namun tidak pendek juga. Pastikan agar Anda menulis tidak kurang dari 350 kata, kalau lebih tidak masalah. Yang terpenting adalah singkat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

#7 Infographic

Infografis atau infografik merupakan jenis konten yang terdiri dari beberapa gambar. Menyajikan konten infografis akan membuat pembaca ataupun calon klien merasa tidak bosan ketika membaca konten Anda sajikan. Selain itu, beberapa website terkenal juga telah banyak yang menyajikan konten mereka dengan format infografis, seperti tirto.id dan pinterest.

Berikut Tips Membuat Konten Infografis Yang Menarik:

  • Buat headline (judul) yang menarik.
  • Fokus pada pesan yang ingin disampaikan.
  • Gunakan gambar yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Buat infografis yang sederhana dan nyaman dilihat.
  • Publikasikan konten infografis anda ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau Pinterest.

Update Optimasi SEO On-Page Pada Blogspot

SEO On-Page Podcast

Teknik SEO On-Page satu ini termasuk baru, namun ternyata pencarian melalui suara tak bisa dianggap sebelah mata. Contoh SEO on-page yang melalui penelusuran suara seperti Podcast, Transcription, Speech text.

Featured Snippets

Featured Snippets (Cuplikan Unggulan) adalah kutipan teks pendek yang muncul di bagian atas hasil penelusuran Google untuk menjawab kueri pencarian dengan cepat. Konten yang muncul di dalam Featured Snippets secara otomatis ditarik dari halaman website yang di indeks Google. Tipe umum Featured Snippets biasanya mencakup tentang definisi, tabel, langkah-langkah, dan daftar.

Gunakan Schema Generator

Teknik SEO on-page yang hampir mirip dengan Featured Snippets, hanya saja terkadang saya sendiri hanya menggunakannya untuk membuat FAQ dari artikel tertentu yang memang dimaksudkan untuk merangkum pertanyaan yang sering muncul seputar apa yang dibahas.

Demikianlah Optimasi SEO On Page di Blogspot dan Wordpress yang bisa admin sajikan. Sebenarnya ada banyak lagi cara optimasi seo on page, seperti penggunaan bold pada kata, template, dan lainnya. Namun yang dianggap paling penting adalah beberapa hal yang telah dijelaskan di atas.

Jika masih ada yang belum jelas, silahkan mengajukan pertanyaan seputar topik yang dibahas. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam Blogger!