Cara membuat judul artikel yang baik dan menarik di blogger

Dalam membuat judul artikel yang baik dan menarik tentu harus memiliki struktur pembahasan yang bagus. Salah satu caranya adalah dengan membuat kerangka artikel yang jelas dan tentu saja hal ini akan memudahkan kita dalam merangkai kalimat.

4 Tips membuat judul dan kerangka artikel yang baik

Berikut ini cara mudah membuat judul dan kerangka artikel yang baik di blog ataupun web sesuai dengan trend Seo 2020:

1. Gunakan Google Pencarian

Buka google search dengan kata kunci yang ingin ditargetkan, maka akan tampil beberapa rekomendasi hasil pencarian terbanyak pada google toolbox. Selanjutnya ambil beberapa judul tersebut kemudian rangkai menjadi judul artikel. Contoh prediksi ketikan pada google dengan kata kunci cara buat youtube:
membuat judul artikel yang menarik

2. Keyword Tools

Buka tools keyword apapun seperti Google Keyword Planner, Ubbersuggest, Ahrefs, Semrush, MOZ, dan lain sebagainya.Gunakan toolsnya mencari judul dengan mengetikkan kata kunci, kemudian anda rangkai menjadi long tail keyword. Tapi perlu diingat, cukup pilih kata kunci yang volume pencariannya kurang, jangan yang tinggi karena akan susah tingkat persaingannya.


3. Cari Referensi Website Besar

Buka website yang jumlah visitornya besar, kemudian cari artikel yang sama dengan yang akan kalian buat tapi jangan copy paste. Kalian hanya perlu mengamati pemakaian judul artikelnya agar bisa jadi referensi dalam membuat judul artikel seperti poin 1 dan 2 di atas.




4. Teknik Penulisan Artikel Website

Selain dari penjelasan diatas, maka mulailah membuat struktur atau kerangka artikel. Bila kalian bertanya bagaimana cara membuat kerangka artikel yang seo? Kalian boleh mengikuti teknik penulisan yang biasa saya gunakan dalam menulis artikel di berbagai blog seperti di bawah ini:

  • Pahami judul yang kalian buat dan mulailah menulis pengantar judulnya.
Memang menjadi hal yang wajib bagi seorang blogger atau pun youtuber ialah memahami judul yang ingin dibuat konten. Saya anggap kalian sudah bisa, maka buatlah pengantar judul. Pengantar judul biasanya adalah bahasa tersendiri dari pemilik blog untuk memulai pembahasan dari judulnya dengan menyisipkan kata kunci.

  • Coba gunakan metode 5W+1H
Apa itu 5W+1H? Bukan rahasia lagi tentang hal satu ini, karena dalam berbagai profesi biasa digunakan dalam membuat kerangka judul artikel penulisan ataupun dipakai untuk menganalisis rencana. 

5W+1H merupakan singkatan dari What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (di mana), Why (kenapa), dan How (bagaimana) yang berfungsi untuk mendeskripsikan apa yang ingin dibahas.

  • Mengetahui poin apa saja yang akan dibahas dalam paragraf selanjutnya berdasarkan riset kata kunci sebelumnya.
Saya yakin anda semua akan bisa membuatnya setelah mempelajari 5W+1H. Contoh Apa itu artikel seo dan bagaimana membuat artikel seo

  • Jangan pernah menbahas inti pembahasan artikel kalian diawal
Bukan berarti tidak boleh ya, hanya saja untuk menjaga agar artikel anda lebih baik ddan menarik dibaca oleh pengunjung bila artikel kalian memiliki struktur pembahasan yang padat dan jelas.

  • Buatlah kesimpulan artikel kalian yang mengandung kata kunci

Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan ajukan pertanyaan seputar Cara membuat judul artikel yang baik dan menarik di blogger bilamana masih ada yang janggal dalam pikiran anda.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, moga artikel ini bisa membantu kalian dalam menulis, membuat judul konten, dan membuat kerangka artikel sendiri.