Kata Kunci SERP 2020

Kata Kunci SERP
Kata Kunci SERP - Setelah pada postingan sebelumnya admin telah menyajikan tentang pengertian kata kunci, maka kali ini akan dibahas Kata Kunci SERP. Sebelumnya, admin akan sedikit menyinggung tentang SERP (Search Engine Result Page).

SERP (Search Engine Result Page) adalah halaman dari hasil penelusuran kata kunci yang anda ketikkan sebelumnya di mesin pencari. Untuk berada di Page Satu mesin pencari, maka hal pertama yang harus anda ketahui adalah Kata Kunci SERP. Bukan hanya blogger baik blogspot, wordpress, joomla, dan lainnya pasti menginginkan web/blog mereka muncul di Page Satu SERP.

Mengapa demikian?

Karena bila web/blog Anda berada di posisi pertama, tentu saja Anda akan memperoleh trafik yang cukup tinggi dengan mudah. Oleh karena itu, Kata Kunci SERP penting untuk web/blog Anda. 

Pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa memperoleh Kata Kunci SERP atau tepat buat web/blog anda?

Untuk menemukan sebuah Kata Kunci yang SERP tentu tak semudah menulis artikel ini, karena dibutuhkan riset kata kunci terlebih dahulu. Riset kata kunci ini memerlukan waktu yang tidak singkat karena harus dianalisis dahulu tentang ketepatan keyword yang Anda Target dengan jumlah kompetitor Anda.


Cara Menganalisis Kata Kunci SERP

Biasanya para pemburu halaman satu akan berlomba untuk menemukan kata kunci yang tepat buat artikel, produk,atau jasa mereka. Salah satu cara untuk menganalisisnya dengan menggunakan tools gratisan dan berbayar. 

Tools yang banyak dipakai oleh Serp Hunting seperti dengan menggunakan Google Keyword Planner, ubesuggest, semrush, keywordspy. Untuk penggunaan masing-masing tools silahkan browsing dulu karena tidak akan dibahas disini.

Tidak semua kata kunci yang diciptakan akan sama. Apa yang orang ketikkan di mesin pencari bergantung pada apa yang dicarinya seperti minat dan pengetahuannya tentang apa yang mereka cari. Kebutuhan itulah yang akan kita analisis untuk menemukan keyword yang tepat dan relevan dengan apa yang dicari oleh seseorang di mesin pencari.

Contoh: Orang mencari tentang Peralatan K3 dangan beberapa peluang kata kunci yang muncul di mesin pencari beragam seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
SERP

Setelah Anda ketikkan di atas dan menekan Enter, maka akan nampak 10 hasil penelusuran di halaman satu yang relevan dengan keyword yang diketikkan. Peluang untuk menemukan kata kunci serp lainnya dengan melihat penelusuran terkait lainnya seperti ini:
SERP Keywords

SEO = SERP


Bagaimana?Apakah sudah paham dengan Kata Kunci Serp? Kalau sudah, maka selanjutnya yang harus dilakukan setelah menemukan kata kunci tepat untuk tulisan anda adalah menempatkan beberapa kata kunci tersebut dibeberapa bagian postingan Anda agar lebih SEO (Search Engine Optimization). SEO akan dibahas pada postingan selanjutnya yang terbagi atas dua, yakni SEO On Page dan SEO Off Page.