10 Cara Untuk Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari

Tips Untuk Meningkatkan SERP Website

Peringkat mesin pencari (SERP) adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memiliki blog yang membutuhkan lebih banyak trafik. Jika website/blog tidak memiliki posisi yang baik di mesin pencari, maka tidak akan ada yang bisa menemukan blog tersebut. Jadi, para bloggers perlu memastikan bahwa blognya telah diberi peringkat oleh mesin pencari.


Meskipun tidak ada perusahaan SEO yang dapat menjamin sebuah website mendapatkan peringkat tinggi. Beberapa tips untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari ini perlu diingat tidak serta-merta akan membawa blog langsung ke puncak. Karena bagaimanapun, internet pada dasarnya adalah pasar bebas. Dimana banyak hal yang bisa terjadi diluar perkiraan karena banyaknya praktik SEO.

Inilah mengapa persaingan untuk menggapai SERP sangatlah ketat, dan hal itu jugalah sebab mengapa harus tetap eksis di dunia perangkingan. Jadi pastikan memiliki banyak konten di seluruh website Anda dengan kata kunci tertarget di tiap artikel.

Cara Untuk Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari
SERP - Kata Kunci Blog

Ada baiknya juga melakukan penelusuran website yang serupa dengan situs Anda dan cobalah melihat artikel mereka untuk mencari ide. 

1. Semakin Banyak Konten Akan Semakin Baik

Biasanya, sebuah konten yang bagus akan memiliki jumlah kata tiap artikel berkisar antara 450 - 1000 kata per halaman (bisa saja lebih dari itu). Jawaban umum para blogger tentang hal tersebut dikarenakan mesin pencari suka dengan konten/artikel yang panjang.

Sebenarnya mengapa mesin pencari seperti Google menyukai artikel yang panjang, bukan tanpa tujuan. Mau tahu sebabnya?

Tujuannya tidak lain untuk menambah kreativitas para bloggers atau penulis konten agar lebih memperkaya kosakatanya atau memasukkan lebih banyak kata kunci (keyword) ke dalam artikel.

Karena yang lebih penting daripada kuantitas konten adalah kualitas konten yang Anda berikan pada pembaca.

2. URL Website Berisi Kata Kunci

URL atau permanent link (permalink) artikel dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari jika berisi kata kunci yang ditargetkan. Namun, jangan salah paham dan berpikir bahwa menamai blog dengan kata kunci akan selalu membantu peringkat sebuah website. Karena perlu melakukan banyak hal lagi untuk memperolehnya.

3. Mengisi Gambar Dengan Keyword dan Link

Jika Anda menggunakan gambar, pastikan untuk memberi mereka tag alt. Alt tag pada gambar, hampir sama pentingnya dengan tulisan (teks) website. Ada baiknya juga untuk memasukkan beberapa kata kunci Anda dalam tautan (link) ke halaman lain. 

Sebaiknya baca dulu artikel berikut:


Di mata mesin pencari, memiliki link ke halaman artikel yang lain dalam satu domain yang sama (internal link). Fungsinya adalah untuk memperkecil Bounce Rate dari website. Bounce rate adalah perhitungan dari lamanya pengunjung mengunjungi website/blog tersebut. Untuk rumusnya silahkan browsing.

Bila pada saat blog Anda ukur ke tool SEO, dan mendapati angka Bounce Ratenya rendah, maka itu berarti blog bersahabat dengan mesin pencari. Sebaliknya, bila angka bounce rate sebuah website tinggi, sebaiknya perbaiki lagi konten, link, template, dan loading blog Anda.

Maka dari itu, penting membangun internal link pada blog/website agar bisa lebih SEO, dipercaya mesin pencari, dan tentu saja mengurangi laju bounce rate halaman.

4. Pemilihan Judul Halaman

Judul halaman Anda sangat penting, maka pastikan untuk memilihnya dengan bijak. Pemilihan judul halaman akan membuat perbedaan besar untuk website Anda. 

Istilah seperti 'artikel gratis tentang mainan anak-anak yang aman', atau 'hubungi ahli mainan edukasi anak' baik untuk digunakan sebagai judul artikel.

Pemakaian istilah tersebut akan membuat blog Anda mendapat peringkat tinggi. Website yang judulnya menggunakan teknik long tail keyword lebih berpeluang untuk berada di SERP

Penggunaan judul artikel dengan long tail keyword memiliki volume pencarian yang besar namun jarang digunakan. Tingkat kesulitan kata kunci yang dihasilkan dari penggunaan long tail keyword relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan focus keyword.

Area judul adalah tempat terpenting untuk memasukkan frasa kata kunci Anda, jadi pastikan Anda memasukkan semuanya.

5. Perhatikan Menu Navigasi

Menu navigasi yang muncul di setiap halaman website Anda harus menyertakan atau paling tidak bisa mewakili judul artikel Anda.

6. Hindari Menggunakan Kata Kunci Populer

Jangan hanya menggunakan frasa kata kunci yang paling populer karena memiliki pasarnya sangat kompetitif, sehingga Anda juga harus memasukkan beberapa kata kunci khusus.

7. Backlink Yang Relevan

Pada kebanyakan kasus, semakin erat kaitan backlink dengan situs Anda, maka semakin besar peluang website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Dengan memiliki backlink berkualitas dan relevan, akan membuat mesin pencari mempercayai website Anda.

8. Rajin Update Konten

Anda perlu memperbarui konten/artikel website Anda secara berkala, meskipun hanya sedikit perubahan. Jadi, bukan cuma posting artikel baru yang penting, namun artikel lama di website Anda juga perlu diperbaharui (update) agar URL-nya tetap dirayapi oleh mesin pencari.

9. Kirim Artikel Secara Bertahap

Perlu Anda ketahui bahwa meng-submit artikel dalam jumlah yang besar dan atau memposting secara otomatis, akan membuat mesin pencari tidak menyukai sebuah website. Maka dari itu, sesekali lakukanlah secara manual untuk menghindari stempel SPAM pada blog.

10. Perhatikan Perkembangan Teknik SEO

Tetap up to date dan menggunakan teknik SEO terbaru akan membantu website selangkah lebih maju dari pesaing Anda.

Demikian pembahasan mengenai Cara Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari kali ini. Moga saja bisa dipahami.

Terima Kasih